Banting Setir Ke Jurnalistik

KiKa - Atalya, Bibi, Alvy
KiKa – Atalya, Bibi, Alvy

MALANG –  Jurnalistik seringkali dianggap sebelah mata oleh sekian banyak pelajar. Namun, hal tersebut seakan patah, melihat banyaknya peserta Journalist School Competition dalam event M-Teens School Competition 2015 sore ini (29/01) di Aula Skodam V Brawijaya.

Seorang peserta asal MAN Gondanglegi ini salah satunya. Ia mengaku tertarik dengan dunia jurnalistik. “Jurnalistik buat saya adalah sesuatu yang baru. Mulai dari ngeliput berita, terus menuangkannya dalam tulisan,” ujar pemilik nama asli Azizatul Qalbi. Cewek penyuka warna biru ini juga mengaku mulai tertarik dengan dunia jurnalistik setahun lalu, di ajang M-Teens School Competition 2014.

“Tahun lalu, waktu MSC14, saya ikut lomba mading. Tapi setelah lihat temen-temen yang ikutan jurnalistik, jadi tertarik banget. Makanya tahun ini saya coba lomba jurnalistik,” cerita cewek berjilbab putih ini dengan penuh semangat.

Karena ini pengalaman pertama bagi cewek yang akrab di sapa Bibi, ia merasa sedikit kesulitan dalam berburu berita.

“Sulit banget ternyata dijalaninya, hehe, tapi cukup seru karena ini pengalaman baru saya, Kak. Saya bisa lebih eksplor dalam tulisan saya. Kalau di mading, kan, harus mengikuti tema. Sedangkan kalau di journalist ini, saya nggak terlalu terbeban dengan tema, Kak,” urai gadis kelahiran Malang, 10 Mei 1998.

Disamping itu, jurnalistik ternyata memberi keseruan tersendiri bagi siswi kelas sebelas ini. Sangat berbeda dengan kebanyakan opini kebanyakan pelajar saat ini yang menyatakan bahwa jurnalistik hanyalah untuk kaum “nerd”.

“Jurnalistik seru, lagi. Aku berasa kayak reporter sungguhan, hehe. Kita bisa berlari kesana kemari mencari berita. Bisa lihat banyak hal baru, juga bisa dapat kenalan baru. Ini menyenangkan banget.”

Walaupun Bibi sudah bertolak untuk mengikuti ajang jurnalistik, bukan lagi mading, namun ia mengaku tetap membantu teman satu sekolahnya yang mengikuti kompetisi mading. “Saya masih bantu teman-teman saya, Kak. Mungkin jiwa menulis ada dalam diri saya, ya, Kak,” canda Bibi dengan tawanya yang khas. (acl)

 

 

 

Penulis :

Atalya C.L.

SMKN 5 Malang

spirit

One thought on “Banting Setir Ke Jurnalistik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s